Urutan Tingkatan Akuntabilitas Dalam Sebuah Organisasi
Urutan Tingkatan Akuntabilitas Dalam Sebuah Organisasi

Urutan Tingkatan Akuntabilitas Dalam Sebuah Organisasi

Posted on

Cvbangnovan.comUrutan Tingkatan Akuntabilitas Dalam Sebuah Organisasi. Apa yang kamu mengerti tentang menjalankan akuntabilitas dalam organisasi? Akuntabilitas sering disamakan dengan respontabilitas.

Tapi makna dan artian dari kata tersebut memiliki perbedaan. Akuntabilitas pertanggung jawaban dalam kerja yang harus tercapai, sedangkan dengan respontabilitas kewajiban untuk bertanggung jawab saja.

Untuk itu kamu semua wajib mengetahui dasar dan Urutan Tingkatan Akuntabilitas Dalam Sebuah Organisasi. Hal tersebut akan membantu kamu semua untuk tidak terlalu membedakan antara makna dan kata.

Oleh karena itu admin disini sangat merekomendasikan ulasan artikel disini. Karena sebuah jawaban dari kegelisahan kamu semua itu harus. Apalagi dengan kamu yang sangat malu untuk bertanya kepada orang lain.

Nah, jika kamu semua penasaran dengan informasi yang akan admin sampaikan disini. Untuk itu admin sarankan kepada kamu untuk terus mengikuti ulasan artikel dibawah ini hingga selesai.

Baca Juga: Ini Penyebab Audio Mobil Tiba-tiba Nggak Keluar Suara

Akuntabilitas Dalam Sebuah Organisasi

Akuntabilitas adalah prinsip dasar bagi organisasi yang berlaku pada setiap level/init organisasi sebagai suatu kewajiban jabatan dalam memberikan pertanggungjawaban laporan kegiatan pada atasannya.

Berikut dibawah ini rangkuman mengenai Akuntabilitas Dalam Sebuah Organisasi dasar yang harus kamu semua ketahui. Disini berbagi dari beberapa poin saja yang bisa admin sampaikan.

Baca Juga: Cara Cepat Pasang Icon Aplikasi Anime Android

1. Akuntabilitas dalam Sebuah Hubungan

Hubungan yang dimaksud adalah hubungan dua pihak antara individu/kelompok/institusi dengan negara dan masyarakat. Pemberi kewenangan bertanggyung jawab memberikan arahan yang memadai, bimbingan, dan mengalokasikan sumber daya sesuai tugas dan fungsi.

Di lain sisi, individu/kelompok/institusi bertanggung jawab untuk memenuhi semua kewajibannya. Oleh sebab itu, dalam akuntabilitas hubungan yang terjadi adalah hubungan yang bertanggung jawab antara kedua belah pihak.

2. Akuntabilitas Berorientasi pada Hasil

Hasil yang diharapakan dari akuntabilitas adalah perilaku aparat pemerintah yang bertanggung jawab, adil, dan inovatif. Dalam konteks ini, setiap individu/kelompok/institusi dituntut untuk bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan kewajibannya serta selalu bertindak dan berupaya untuk memberikan hasil maksimal.

3. Akuntabilitas Membutuhkan Adanya Laporan

Lapotan kinerja adalah perwujudan dari akuntabilitas. Dengan memberikan laporan kinerja, berarti mampu menjelaskan terhadap tindakan dan hasil yang telah dicapai oleh individu/kelompok/institusi, serta mampu memberikan bukti nyata dari hasil dan proses yang telah dilakukan.

Dalam dunai birokrasi, bentuk akuntabilitas setiap individu berwujud suatu laporan yang didasarkan pada kontrak kerja, sedangkan untuk institusi adalah LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin sampaikan untuk kamu semua, semoga apa yang admin sampaikan bisa bermanfaat untuk kalian. Untuk itu jangan lupa ikuti terus website kami dengan informasi terbaru. Sekian dan TerimaKasih!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.