Cara Menghindari Kecanduan Trading
Cara Menghindari Kecanduan Trading

Cara Menghindari Kecanduan Trading

Posted on

cvbangnovan.com Baru-baru ini, perdagangan menjadi semakin populer sebagai sumber penghasilan tambahan. Karena penguncian selama pandemi Corona, orang mulai mencari kesibukan baru dengan mencoba perdagangan harian.

Setelah aplikasi mobile menjadi lebih merajalela, aktivitas trading menjadi lebih mudah dilakukan. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang mulai terpikat ke dunia trading dengan harapan mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Sayangnya, meskipun perdagangan dapat membuat Anda mendapatkan uang tambahan, itu bisa berakhir tragis. Jika tidak dikendalikan, tidak hanya akun, tetapi juga psikologi Anda terganggu.

Meski hobi trading, bukan berarti Anda otomatis kecanduan trading. Tetapi jika Anda memilih untuk berdagang daripada melakukan hal-hal penting lainnya, maka Anda harus waspada.

Untuk itu, beberapa cara berikut bisa dicoba agar kecanduan trading tidak bertambah parah.

Baca juga : Kesalahan Memahami Konsep Dalam Trading

Buat Jurnal Perdagangan

Seringkali, mereka yang kecanduan tidak menyadari kondisinya. Dengan memiliki jurnal perdagangan, Anda akan menulis semua ide, pemikiran, dan tindakan Anda sehingga mudah untuk melihat apakah ada terlalu banyak pasangan posisi atau tidak.

Jurnal perdagangan memungkinkan Anda untuk mencatat semua hal yang ditemukan dan dilakukan selama perdagangan.

Anda juga menjadi sadar akan Pengaturan Perdagangan dan pemicu emosional di balik setiap transaksi. Selain itu, mendokumentasikan setiap transaksi juga dapat membantu mendeteksi kekuatan dan kelemahan Anda sebagai trader.

Istirahat Pendek

Cara menghindari kecanduan trading bisa dimulai dengan meninggalkan monitor Anda untuk sementara waktu dan manjakan diri Anda dengan beberapa hari berlibur atau hanya menghabiskan waktu bersama keluarga.

Anda juga bisa berolahraga, atau mungkin duduk dan menonton Netflix. Apa pun yang anda lakukan, pastikan untuk sementara menjauhkan diri dari grafik perdagangan.

Seperti seorang atlet, seorang trader juga membutuhkan waktu istirahat. Ini akan memberikan kesempatan bagi pikiran untuk pulih dari stres sehingga dapat membantu Anda kembali berdagang dengan lebih segar dan antusias.

Baca juga : Antara Laba dan Rugi Trading Forex

Ketahui Batasan Anda

Tetapkan kerugian perdagangan maksimum, mungkin antara 1-3% per hari. Ini akan membantu mengontrol aktivitas perdagangan Anda.

Ingat, prioritas utama adalah untuk menjaga modal sehingga cukup sebagai modal perdagangan hari berikutnya. Setiap trader diharuskan menggunakan sistem loss limit untuk membatasi kerugian modal yang digunakan dalam satu transaksi.

Setelah persentase kerugian tercapai, Anda dapat segera menghentikan perdagangan dan segera keluar dari pasar sesegera mungkin sebelum kerugian meningkat.

Kesimpulan

Perdagangan berbeda dari perjudian karena tidak tergantung pada keberuntungan. Sebaliknya, keberhasilan perdagangan ditentukan dari hasil analisis dan perhitungan yang matang. Tapi, sama seperti perjudian, perdagangan juga bisa membuat ketagihan.

Selain hal di atas, ada banyak cara lain untuk menghindari kecanduan perdagangan, seperti menghapus platform perdagangan, aplikasi, dan memblokir situs web yang digunakan untuk perdagangan.

Anda juga dapat memilih untuk memiliki dana Anda dipantau oleh orang yang terpercaya. Namun, cara yang paling penting untuk menghindari kecanduan perdagangan adalah mencoba untuk menemukan kegiatan positif lainnya seperti kegiatan sosial, rekreasi atau terlibat dalam hobi baru.

Ini akan membantu mengurangi perasaan bosan dan kesepian yang sering memicu kecanduan kambuh. Jika Anda seorang pemula yang sedang mempertimbangkan trading tetapi khawatir tentang apakah jenis investasi ini dapat menyebabkan Anda kecanduan, cobalah untuk memasuki pasar menggunakan akun demo terlebih dahulu.

Setelah melakukan beberapa transaksi, rasakan apakah perdagangan benar-benar membuat stres atau sesuai dengan hasrat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.