6 Olahraga Penurun Kolesterol
6 Olahraga Penurun Kolesterol

6 Olahraga Penurun Kolesterol

Posted on

cvbangnovan.com Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu risiko penyakit kardiovaskular dan serangan jantung. Jadi, untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan untuk sering berolahraga.

Disebutkan bahwa olahraga akan merangsang enzim yang membantu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dari darah ke hati.

Kemudian, kolesterol diubah menjadi empedu untuk proses pencernaan atau dikeluarkan dari tubuh. Jadi, olahraga apa yang bisa menurunkan kadar kolesterol? Simak ulasan berikut ini.

1. Berlari

Jika dilakukan secara teratur, berlari juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Selain menurunkan kolesterol, berlari juga bisa menurunkan berat badan sehingga risiko serangan jantung berkurang.

2. Bersepeda

Sebuah studi dari Journal of American Heart Association menunjukkan bahwa orang yang sering bersepeda cenderung mengalami peningkatan kolesterol dibandingkan orang yang tidak.

selain itu, bersepeda juga dapat membakar kalori dalam tubuh Anda.

3. Pelatihan Ketahanan

Pelatihan ketahanan juga dikenal sebagai latihan beban. Untuk melakukan latihan beban, Anda bisa mulai dengan push up, angkat besi, dan sit up.

Seseorang dengan kondisi pramenopause yang telah menjalani sesi latihan ketahanan mengalami penurunan kolesterol dalam tubuhnya selama kurang dari 14 minggu.

4. Berenang

Salah satu olahraga yang dapat membantu memperkuat jantung dengan membuatnya bekerja lebih efisien saat memompa darah, adalah berenang.

Bahkan berenang juga menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

5. Jogging atau jalan cepat

Selanjutnya, olahraga yang dapat membakar kadar kolesterol adalah jogging atau jalan cepat. Jogging lebih baik daripada berlari.

6. Yoga

Yoga juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Dengan beryoga akan membantu melatih otot, menjaga kesehatan mental, serta meningkatkan kualitas tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.