3 Bagian Sepedamotor ini Wajib Dicek Usai Berkendara Jarak Jauh
3 Bagian Sepedamotor ini Wajib Dicek Usai Berkendara Jarak Jauh

3 Bagian Sepedamotor ini Wajib Dicek Usai Berkendara Jarak Jauh

Posted on

cvbangnovan.com Sepeda motor menjadi alat transportasi yang sering digunakan untuk perjalanan jauh seperti mudik.

Jika sebelum bepergian kita harus mempersiapkan dalam bentuk pengecekan komponen penting, Nah Kali Ini Suzuki memberikan tips merawat sepeda motor setelah perjalanan jauh.

Saat bepergian jarak jauh ke kota asal Anda dengan sepeda motor, beberapa komponen terpaksa bekerja ekstra keras, dengan durasi yang lebih lama, dan menghadapi berbagai kondisi cuaca.

Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa ulang kendaraan roda dua sebagai bagian dari perawatan agar kondisinya kembali prima.

Baca juga :

Pemeriksaan Sistem Drive

Chain atau CVT adalah sistem penggerak roda pada sepeda motor, komponen ini bertugas untuk mentransmisikan daya yang bersumber dari Mesin. Karena ketika bepergian jarak jauh komponen bekerja ekstra keras, keausan dapat terjadi.

Pemeriksaan Cairan Pelumas

Selain sistem penggerak roda, hal lain yang harus perlu dicek adalah kondisi oli (pelumas). Kondisi iklim Indonesia yang panas, dan pengoperasian kendaraan dalam waktu yang lama, akan menyebabkan proses penguapan pelumas menjadi lebih cepat. Karena itu, periksa volume, viskositas, dan perubahan warna oli.

Ketika mendekati periode penggantian oli, lebih baik segera melakukannya untuk menjaga kondisi mesin yang sangat baik. Selain itu, periksa juga atau ganti komponen pendukung, seperti filter udara dan filter oli.

Periksa Kaki

Kaki adalah bagian yang tidak kalah vitalnya untuk sepeda motor, karena bagian tersebut memiliki interaksi langsung dengan jalan. Lubang, gundukan kecepatan, atau jalan yang tidak rata berfungsi sebagai makanan untuk kaki selama perjalanan ke kampung halaman.

Karena itu, periksa ban apakah ada kerusakan atau lekukan telah menipis. Setelah itu, periksa juga bantalan roda untuk keausan. Komponen lain seperti suspensi juga perlu dicek kebocorannya, agar perjalanan menjadi nyaman kembali.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi sistem pengereman, dengan memeriksa ketebalan bantalan rem depan dan belakang. Minyak rem juga perlu dicek kebocorannya, karena saat menempuh jarak jauh kita harus sering menekan tuas rem lebih dari biasanya.

Periksa Perlengkapan Berkuda

Selain tunggangan favorit yang perlu diperiksa, sebagai pengendara kita juga perlu memeriksa perlengkapan berkuda seperti jaket, jas hujan, sarung tangan, dan helm.

Peralatan mengemudi harus selalu dijaga dalam kondisi karena memiliki tugas sebagai pelindung dari cuaca, penyakit, untuk meredam efek insiden saat kecelakaan.

Sama seperti kuda besi, jika peralatan berkuda tidak dirawat tidak akan nyaman saat digunakan. Parahnya lagi, peralatan mengemudi akan menimbulkan bau, bahkan penyakit jika jarang diamati kebersihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.